04 Oktober 2012

Referensi Soal-Soal UTS, UAS, UKK

Referensi Soal-Soal UTS, UAS, UKK | Ulangan tengah semester sebentar lagi, bahkan ada yang sudah melaksanakannya, contohnya kami dari tanggal 04 oktober 2012 sudah melaksanakan ulangan tengah semester tersebut. Nah pra UTS tersebut biasanya guru-guru disibukan oleh pekerjaan mendrible soal-soal kepada siswanya sebagai model pemantapan. Atau kesibukan lainnya bisanya guru-guru menyiapkan soal-soal yang akan diujikan (sekolah swasta).

Untuk memberikan pengalaman mengenai soal-soal yang akan diujikan tersebut tentu seorang guru mesti memiliki banyak referensi soal-soal atau arsip soal atau lebih bagus lagi bank soal, agar semua jenis soal yang akan diujikan nantinya sudah pernah di uji cobakan ke siswa, tentu dengan jenis soal yang berbeda (konteks, atau bobot soalnya).

Referensi soal

Untuk mendapatkan referensi soal guru biasanya akan mencarinya dari buku-buku pendukung misalnya buku dengan penerbit yang berbeda, modul, LKS, dan lainnya. Semakin banyak referensi maka semakin banyak pula pengalaman siswa dalam menemukan dan menyelesaikan berbagai bentuk dan jenis soal, dengan demikian siswa akan semakin terlatih.

Referensi soal juga dapat diperoleh dari arsip soal-soal tahun ajaran terdahulu, misalnya saja arsip soal-soal UTS, arsip soal-soal UAS dari DIKNAS atau dari sekolah sendiri. Atau dari arsip soal-soal ulangan tahun ajaran sebelumnya.

Selain dari buku pendukung, modul, LKS, arsip soal DIKNAS atau lokal, arsip soal-soal ulangan tahun ajaran sebelumnya, referensi soal juga dapat diperoleh dari sumber-sumber lain misalnya saja internet. Lewat internet kita bisa menemukan banyak sekali situs atau blog yang dikelola oleh rekan-rekan guru yang baik hati menyediakan kumpulan soal yang bisa diunduh secara free.

Blog yang menyediakan soal-soal tersebut diantaranya:

Demikian mengenai referensi soal-soal uts, uas, ukk ini. Mudah-mudahan dengan seringnya memberikan latihan soal kepada siswa maka dengan sendirinya siswa menemukan banyak pengalaman dalam menyelesaikan soal-soal tersebut, dan itu merupakan hal positif bagi siswa dan model pembelajaran alternatif bagi guru.