03 Juni 2009

Info

Ufdate


INFORMASI


Informasi yang terkini dari

SDI NIDA EL-ADABI









Pelatihan Penyusunan KTSP Gugus ParungPanjang-Lumpang



Pada tanggal 19 Agustus 2009 , seluruh Guru sekolah dasar di lingkungan Gugus Parungpanjang dan Lumpang berkumpul di SDN Perum II BP, untuk sebuah pelatihan penyusunan KTSP, Silabus, RPP, dan Administrasi Guru lainnya. pada acara terssebut di bahas bagaimana JUklak penyusunan Silabus, Prosem, RPP,dan kelengkapan administrasi guru lainnya.

Namun disayangkan Kegiatan yang semestinya mendapat apresiasi dari para guru dan insan pendidikan Gugus parungpanjang tesebut kenyataannya tidak begitu mendapat respon istimewa. padahal acara tesebut sangat penting tentunya, tapi kenyataanya banyak guru yang lebih asyik ngobrol daripada memperhatikan pembicara yang sedang membahas materi.

Banyak alasan Para guru tidak merespon baik proses pnyampaian materi oleh pembicara tersebut, pertama konsep yang di buat terkesan kaku, satu arah dan sepertinya tanpa persiapan yang matang daari pihak panitia. hal itu di buktikan dengan perangkat pengeras suara yang tidak maksimal, sering storing dan itu tentunya mengganggu konsentrasi audiens sekalian. tentu dengan jumlah audien yang beanyak mestinya faktor pengeras suara menjadihal yang lebih di perhatikan supaya materi biasa sampai ketelinga para audien yang tak lain para guru .

Selain sound yang tidak maksimal, materi yang disampaikan juga terkesan berputar-putar di bahasan yang sama. tidak di susun sedemikian rup[a sehingga per materi bisa disampaikan dengan benar dan tidak membosankan. hal seperti itu kata para guru senior sudah berulang-ulang kali terjadi, dan sepertinya belum dilakukan suatu perubahan sampai sekarang.

Menurut pengamatan penulis, jika hal tersebut terus tidak mendapat kepedulian dari pihak terkait, maka selama itu pula segala sesuatu yang merupakan hal penting untuk disampaikan kepada para guru, untuk kemudian di aplikasikan, bakal selamanya tidak akan sampai, dan mungkn ini perlu menjdai telaah kepada seluruh pihak yang terkait.


"Celoteh: Jangan cuma guru untuk di tuntut kratip dalam proses mengajar, tapi suhu-suhu di tingkat atas pun mesti mencontohkan kreatipitasnya dalam membuat konsep penyampain materi kepada insan-insan pendidik !"








Info Untuk Perbaikan Mutu


Ada hal menarik ketika Rapat Dewan guru dengan pihak yayasan Nida el-adabi pada beberapa hari yang lalu. Dimana agenda rapat waktu itu tak alin adalah evaluasi mengenai keadaan yang berlangsung di intern sekolah. Hal itu di karenakan banyaknya siswa SDI Nida yang pindah kesekolah lain, ke sekolah Negeri terutama. Tak kurang dari 9 siswa yang meninggalkan Nida, dengan alasan berpariasi. Keadaan demikian tentu mengganggu kenyamanan pihak Yayasan .

Makanya di adakanlah rapt evaluasi tesebut.
Dalam rapat tersebut pihak yayasan menanyakan apa yang tejadi dengan kondisi yang berkembang saat ini? Apa sebenarnya yang menyebabkan banyaknya siswa yang keluar di tahun ajaran baru ini?

Dalam Rapat Evaluasi ini pihak Yayasan menyampaikan argumen tentang bagaimana kualitas SDM yang sangat perlu sekali untuk di tingkatkan. Sepertinya pihak yayasan sedikit menyiggung kurang maksimalnya pelayanan Guru terhadap profesional kerjanya. Terutama dalam hal bimbingan shalat bejamaah, inilah sepertinya menjadi poin pertama yang menjadi sorotan . Menurut pihak yayasan , ketika berjamaah shalat dzuhur , siswa cenderung di biarkan nyaris tanpa bimbingan guru. Dan sepertinya hal inilah di pehatikan juga oleh orang tua siswa. Dan mungkin keadaan ini juga yang sangat di perhatikan orang tua siswa.

Mendengar pernyataan pihak yayasan yang menuntut maksimalnya penanganan guru dalam bimbingan shalat berjamaah, banyak guru yang memberi alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Terlepas seberapa efektipnya pelayanan guru dalam membimbing anak didiknya serta agumen-argumen lain sebagai alasan logis dari para guru. Ada hikmah yang di dapat, yakni konsennya pihak yayasan terhadap pendidikan spiritual agama anak didiknya. Dan berjamaah adalah penyataan luar bisa yang sangat bernilai tinggi untuk dijadikan mopdal , acuan mendidik sebagai lembaga pendidikan yang memposisikan sebagai lembaga pndidikan dasar yang islami.

Dan kabar baiknya adalah disamping akan di lakukannya pelatihan-pelatihan kepada guru, sebgai bentuk meningkatkan kualitas SDM. Lainnya adalah akan di lngkapinya fasilitas-fasilitas pendukung yang merupakan perangkat mengajar dari beberapa kurikulum unggulan. Yakni Lab. Komputer yang akan di lengkapi dengan fasilitas dan perangkat Komputer bespesifikasi tinggi yang nantinya bisa digunakan selain untuk penunjang bidang studi TIK , tapi juga bahasa Inggris dan Arab . Dan linnya adalah akan semakin dilengkapinya fasilitas2 lainnya.
===============================================================================
info: Guru nida 2009